Mengenal Apa Itu Tour de France, Kejuaraan Balap Sepeda Bergengsi Dunia

Jakarta - Tour de France bagi para pecinta balap sepeda tentu bukan hal yang asing didengar. Di bulan Juli, Tour de France, ajang balap sepeda prestisius ini menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di seluruh dunia. Dengan durasi rangkaian lomba sepeda selama kurang lebih tiga minggu ini terdiri dari beberapa etape dan jarak tempuh rute yang mencapai ribuan kilometer. Setiap tahunnya akan ada satu pemenang yang akan mendapatkan gelar sebagai juara Tour de France.

Hingga menjadi ajang yang besar seperti sekarang ini, awal mula Tour de France dilatar belakangi karena adanya persaingan antara salah satu koran olahraga pertama dan terbesar di Perancis saat itu dengan L’Auto, rookie dengan jumlah oplah yang minim. Tercetus dari salah satu jurnalisnya, L’Auto membuat acara olahraga terbesar di Perancis yang dimulai dari tahun 1903.

Gelaran yang selalu diselenggarakan di bulan Juli ini awalnya berdurasi 19 hari dengan rute awal berjarak 2428 kilometer dan diikuti 60 pembalap. Adapun pria pertama yang dinobatkan sebagai pemenang dalam Tour de France ini bernama Maurice Garin yang berhasil menyelesaikan keseluruhan rute dalam waktu 94 jam 33 menit. Hasil tersebut merupakan durasi tiga jam lebih awal dari pesaingnya, Lucien Photier dan 60 jam lebih awal dari Fernand Augereau.

Acara Tour de France ini diselenggarakan tiap tahunnya kecuali saat Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 acara ini batal diadakan. Sekalipun rutin diselenggarakan, namun selalu ada perbedaan di setiap tahunnya terlihat, seperti jumlah peserta yang meningkat, persiapan dari para peserta yang semakin matang, hingga kelengkapan keamanan yang semakin memadai dari para peserta. Dengan seluruh dukungan dan antusiasme yang meningkat tiap tahunnya, rute Tour de France ini pun terus mengalami perkembangan baik dari segi tantangan hingga jarak. Namun yang pasti rute yang diambil adalah wilayah Perancis, negara-negara perbatasan seperti Italia, Jerman, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Melihat masyarakat Indonesia dimana kini sudah semakin banyak yang menggemari dunia sepeda, Transvision sebagai salah satu broadcaster di Indonesia bekerjasama dengan Eurosports menjadi official broadcaster dari Indonesia yang menyiarkan rangkaian Tour de France secara lengkap. Dengan durasi tayangan rata-rata mencapai 5 jam perhari keseruan yang akan disiarkan secara live ini dapat dinikmati mulai dari tanggal 1 hingga 24 Juli 2022 melalui channel 906 ID Cyclist yang dapat disaksikan dimanapun, mulai dari akses website www.cubmu.com atau aplikasi CubMu yang dapat di-download dari AppStore dan PlayStore atau juga dapat disaksikan melalui berbagai produk Transvision lainnya, yaitu Satelite, Hi-speed, dan Xstream.

Copyright © www.transvision.co.id. All Rights Reserved.

Privacy Policy | Term Of Use

Kontak Kami: Info Berlangganan 082308235050 | Transvision Care 1500060